Razia Simpatik 2016 Menyasar Helm Standar SNI, Lalu Yang Non SNI Bagaimana ?

Razia Simpatik 2016 Menyasar Helm Standar SNI, Lalu Yang Non SNI Bagaimana ?

HELM AGV DOT
Saat ini razia serentak seluruh indonesia sedang digalakkan, mulai dari tanggal 1 hingga 21 maret 2016 mendatang. Salah satu yang menjadi sasaran pihak polantas adalah helm yang berstandar SNI. Tentunya standarisasi helm harus SNI karena demi safety buat para pengendara bukan dilihat dari segi bisnis yang menguntungkan para produsen. Karena helm menjadi piranti wajib dalam berkendara karena helm melindungi kepala kita dari benturan.
Di indonesia sudah ada standarisasi SNI jika helm yang kita pakai tidak ada logo SNI maka dipastikan kita akan kena tilang. Lalu bagaimana kita kalai kita beli helm import yang nota bene tidak ada logo SNI namun memakai standar DOT atau SNELL ?. Mari kita lihat sedikit pengertian DOT dan SNELL.
DOT merupakan singkatan dari Departement of Transportation di amerika dengan kode FMVSS 218. Helm yang memiliki stiker DOT adalah helm yang telah lulus uji produk yang dilakukan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Association).
SNELL MEMORIAL FOUNDATION merupakan lembaga institusi standar independen yang tidak terikat pada regulasi Negara. Lembaga ini diakui memiliki standar tinggi dan didukung oleh banyak pabrikan helm kelas dunia. Bahkan SNELL melakukan pengujian lebih ketat dari standar pemerintah amerika. SNELL bahkan memiliki spesifikasi yang sangat spesifik meliputi tipe dan ukuran.
Lalu apakah SNI lebih baik dari standar DOT dan SNELL ? selama ini para biker sudah mengetahui sendiri bahwa standarisasi DOT atau SNELL itu lebih baik dari SNI sehingga kualitas helm yang berlogo DOT, SNELL atau ECE tentunya diatas helm SNI. Dan hal ini juga sudah mendapatkan jawaban dari pihak kepolisian bahwa untuk helm yang berstandar internasional tidak akan ditilang karena kualitasnya lebih bagus dari SNI.
SNI

3 Komentar


  1. Dd ring kira2 di tilang ga ya kalo ada isilop yg katrok

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *