Bahayanya Cek Api di Busi Motor Injeksi, Motor Mudah Terbakar

Bahayanya Cek Api di Busi Motor Injeksi, Motor Mudah Terbakar

cek api busi (1)
Motor mogok menjadi salah satu momok buat para biker, tidak jarang kita stress dibuat oleh motor yang mogok. Adakalanya biker yang suka ngutak-atik motor sendiri kalau sedang menghadapi motor mogok pasti selalu buka dan melepas busi kemudian mengecek apakah ada percikan api yang timbul dari busi, hal ini sudah menjadi budaya karena memang salah satu faktor motor mogok tidak adanya percikan api untuk membakar campuran bahan bakar di ruang bakar.
Namun jangan asal cek pengapian busi untuk motor injeksi lo buat sobat biker, jangan samakan pengecekan api busi motor injeksi dengan motor karburator. Untuk motor karburator pada saat kita selah motor atau kick starter diengkol biasanya campuran bahan bakar yang masuk ke ruang bakar hanya sedikit karena kevakuman yang kecil akibat busi dilepas sehingga masih tergolong aman untuk mengecek api busi dengan cara seperti ini.
Namun beda dengan motor injeksi dan jangan pakai cara ngecek api busi dengan cara melepas busi dengan kondisi lubang busi dalam keadaan terbuka. Motor injeksi sistem pengabutan didorong oleh fuelpump, pada saat kunci kontak di ON kan pasti d tangki akan timbul bunyi atau getaran akibat fuelpump berputar sesaat dan mendorong bahan bakar disemprotlan ke ruang bakar dalam jumlah normal. Di saat yang bersamaan ECU memerintahkan busi untuk memercikkan api satu kali, jadi ketika kita melepas busi maka lubang busi terbuka dan semprotan bahan bakar akan keluar dari lubang busi pada saat motor di ON kan, oleh karena itu jangan mengecek api busi dengan dipercikkan dekat lubang busi.
Kalau memang terpaksa memakai trik cek api busi dengan percikkan dekat cylinder head maka lubang busi yang terbuka dipasang busi cadangan atau busi yang tidak terpakai untuk sekedar menutupi lubang busi saja agar bahan bakar semprotan dari injektor tidak keluar dan terbakar percikan busi. Lihat gambar dibawah ini contoh aman mengecek percikan api di busi untuk motor injeksi. Semoga bermanfaat buat sobat biker smua.
cek api busi (2)
pic : kangaliali.com, hondacommunity.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *