Gara-Gara Lampu Depan Nyala Sebelah, Yamaha R15 Ditilang di Bekasi

nyala lampu r15

Kejadian tidak enak diungkapkan oleh bro angga kepada rakyatbekasi.com. Ceritanya bro angga sedang melintas Jalan Ahmad Yani menuju Stadion Bekasi, Selasa (29/03) malam, sekira pukul 20:00 WIB. Merasa lajunya dihadang oleh polisi lalulintas, bro Angga yang mengendarai Sepeda Motor Yamaha R15 pun kontan menghentikan laju kuda besinya seraya menuruti arahan petugas dari Satlantas Polresta Bekasi Kota untuk menepikan kendaraannya tepat di depan pusat perbelanjaan Bekasi Cyber Park.

“Saya ditilang karena lampu depan Yamaha R15 hanya sebelah yang menyala,” ujarnya, “Entah kurang wawasan, atau memang disengaja. Beda tipislah,” ucapnya kesal sambil memperlihatkan hangatnya surat tilang yang ia terima.

Karena merasa lelah menjelaskan tentang standar operasional lampu sepeda motor jenis sport tanggung kepada Aipda Sigit yang tak kunjung mengerti, akhirnya ia pasrah menerima surat tilang yang bertuliskan telah melanggar Pasal 293 ayat (i) Undang Undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan.

Perlunya sosialisasi kepada para anggota satuan lalulintas agar mereka tidak gegabah dalam menilang para pengguna jalan. Nyala lampu motor Yamaha R15, Kawasaki Ninja hanya nyala sebelah saja dan itu pastinya sudah melewati uji kelayakan oleh pabrikan motor karena para pabrikan tidak akan mungkin menjual motor dengan sembarangan. Adanya perbedaan fitur lampu mungkin juga menjadi masalah tersendiri karena seperti pada motor Honda CBR150R kedua lampunya nyala baik itu lampu dekat atau jauh. Sosialisai memang solusi yang tepat agar para polantas tidak sembarangan menilang.

surat tilang

Iklan

14 pemikiran pada “Gara-Gara Lampu Depan Nyala Sebelah, Yamaha R15 Ditilang di Bekasi

  1. Polantas memang mencari cari kesalahan saja seharusnya memaklumi hal spele ini mah malah maksa di tilang , apakah ini yg nama nya mengayomi ?
    #polisikoplak #polisiselalutai

    Suka

  2. Yang share kurang cerdas, itu Pasal 293 (1) Pelanggaran nga pake helm kalau masalah teknis lampu kena Pasal 285 (1). Mending dihapus dari pada di pidana in sama SatLantas nanti

    Disukai oleh 1 orang

  3. Yang ini malah nggk cerdas….

    (Pasal 293 ayat 1)Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

    (Pasal 293 ayat 2) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

    (Pasal 285 ayat 1) Setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu .

    (Pasal 285 ayat 2). Setiap pengendara mobil yang tidak memenuhi persyaratan teknis seperti spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu rem, kaca depan, bumper, penghapus kaca dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

    Suka

    • Et dahh… mas Viktor, ada ada aja… Yamaha R15 emang bgitu modelnya, sudah bisa di jual di Indonesia pasti sudah memiliki Uji Kelayakan walaupun Modelnya bgitu, Lampu yg Hidup hanya 1 jika mode Lampu Dekat.. kalau mode Lampu Jauh, 2 Lampunya Nyala… mungkin Polisinya belum tahu atau gimana dahh….. hehe

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s