Bukan Hanya Yamaha Kini Team Pabrikan Lain Juga Adopsi Sayap Tersembunyi

inner-winglets-m1

Dorna secara resmi sudah melarang penerapan winglets mulai musim 2017, Pro dan kontra mewarnai penggunaan Winglet di MotoGP sejak awal musim. Beberapa tim punya pendapat berbeda untuk menentukan apakah sayap tambahan boleh terpasang di motor atau tidak.

Tujuan utama winglet sejatinya untuk menghasilkan downforce bagian depan motor saat akselerasi. Hal itu berguna untuk mengurangi jumlah wheelie (ban depan terangkat) tanpa perlu memotong output mesin.

suzuki-winglets

Setelah resmi dilarang, bukan berarti para team di Moto GO berputus asa justru mereka menampilkan teknologi lama diterapkan kembali di musim 2017. Inner winglets atau sayap tersembunyi secara terang-rangan Yamaha mempertontonkannya di sesi tes pra musim di sepang malaysia. Bukan hanya motor Rossi saja namun ternyata sekarang pada saat sesi tes pra musim di australia sudah tampak beberapa pabrikan menerapkan inner winglets ini, seperti tim pabrikan Suzuki dan Aprilia.

Tampak jelas di motor Aprilia memakai sayap tersembunyi namun dengan desain yang berbeda, desain sayapnya seperti ada penambahan fairing yang berlobang, dan penampakan ini juga terlihat jelas pada motor Alex Rins.

inner-winglets

pic from MotoGP

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s