Kembali Telan Korban Satu Keluarga, Motor Rem Blong di Turunan Jalur Sendi Mojokerto


Jalur wisata air panas Padusan dan Pacet-Cangar di Kecamatan Pacet tergolong ekstrim. Berulang kali wisatawan mengalami rem blong di jalur tersebut. Pada libur akhir pekan maupun libur hari besar, jalur wisata Pacet ramai dilalui pelancong dari sejumlah daerah di Jatim. Itu tak lepas dari banyaknya wahana wisata alam di lereng Gunung Welirang ini. Namun, keberadaan jalur ekstrem di kawasan wisata ini masih menjadi momok bagi para pelancong.
Sebut saja turunan curam dan tikungan tajam di Dusun Gotean, Desa/Kecamatan Pacet. Di jalur utama Pacet-Cangar ini ramai dilalui kendaraan pengunjung yang akan berwisata ke Sendi dan sejumlah objek wisata di Cangar, Kota Batu. Kerap terjadi kecelakaan tunggal akibat rem blong di lokasi tersebut.
Jalur wisata extrim di jalur Sendi Mojokerto kembali menelan korban, sudah sering terjadi kecelakaan motor yang diduga akibat rem blong karena kondisi jalanan yang terus menurun sehingga pengendara motor secara terus menerum menekan rem sehingga terjadi rem blong.
Terjadi lagi pada hari Selasa 26 Desember 2017, korban satu keluarga memakai motor vario ini tidak bisa mengendalikan motornya sehingga motor meluncur dan menabrak sebuh mobil Avanza yang sedang berhenti. Korban sang ayah dan ibu dikabarkan mengalami patah tulang kaki dan anaknya meninggal dunia ketika di larikan ke RS terdekat.
Banyak pemotor yang merasakan kalau rem motor matic lebih gampang blong di turunan. Umumnya di jalanan yang memiliki turunan panjang seperti di jalur pegunungan. Maklum, motor matic menjadikan rem sebagai tumpuan utama pengereman. Berbeda dengan motor bertransmisi yang masih dibantu oleh engine brake untuk pengereman. Makanya, perlakuan pada rem motor matic selama riding harus dibuat berbeda dengan motor biasa. Jika salah satu dominan maka akan membuat motor tergelincir atau paling parah kampas rem panas dan menyebabkan blong.

sumber : INFO LANTAS MOJOKERTO [ I.L.M ]

2 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Kembali Telan Korban Satu Keluarga, Motor Rem Blong di Turunan Jalur Sendi Mojokerto – Motuba | Mobil Tua Bangka |

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*